Duh, gugupnya ketika memakai bacaan baru

Banyak cara yang bisa dilakukan agar hafalan kita tak mudah “hilang”. Selain senantiasa hindari maksiat yang pernah saya posting sebelumnya (Hafalan vs Maksiat), tentu Muraja’ah juga menjadi salah satu cara jitu untuk menjaga hafalan Qur’an ini tetap terjaga. Selain itu, kita bisa praktikkan surat-surat yang telah kita hafal di dalam bacaan sholat.

Kalau kata ustadz, bisa dipake ketika sholat malem, rowatib atau dhuha. Nah, kalau sudah bener-bener hafal bisa di pakai di dalam sholat wajib 5 waktu.

Nah, untuk surat-surat yang saya rasa yakin sudah hafal, saya jadikan sholat maghrib di kantor untuk menjadi tempat untuk “menjaga” hafalan.

Anehnya, entah kenapa sudah beberapa kali ketika saya menjadi imam sholat maghrib di kantor, bacaan saya gugup, kurang tenang, kadang kehabisan nafas di tengah bacaan sholat. Bahkan pernah waktu itu, ketika saya ambil nafas jeda diantara ayat suatu surat, mungkin agak lama *saking gugupnya* makmum melanjutkan bacaan saya.

Padahal waktu itu, sebenarnya saya tidak lupa, tetapi jeda ambil nafas, karena saya seperti kehabisan nafas di tengah baca’an 😦

Diwaktu lain, ketika saya memakai surat yang sudah lama saya hafal, saya bisa tenang ketika melafalkannya.

Kenapa ya, bisa begini . Padahal ketika muraja’ah bareng ustadz di Serambi Tahfidz Na’um, saya bisa melafalkan surat dengan lancar. Tetapi ketika di bawa sholat berjama’ah malah kadang gugupnya luar biasa. Apa mungkin karena ada makmum ? Niat saya belum benar ? >.<

Sambil terus meluruskan niat, belajar untuk mencari ridhoMu melalui KalamMu yang luar biasa ini. Yaa Rabb, mudahkanlah hambaMu ini terus istiqomah dalam belajar Al Qur’an. Amin

About Ferry

Berusaha untuk menjadi orang yang makin bermanfaat bagi orang lain

Posted on May 13, 2014, in lif3 and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

