Kerja di Perusahaan asing = Gak Cinta Indonesia ?

Beberapa minggu ini, entah kebetulan atau tidak saya banyak menemukan status/artikel di social media teman yang katanya sudah Entrepreneur atau tulisan saat blogwalking mengenai tingginya rasa ego atas ambisi pribadi dari para alumni perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Intinya di tulisan tersebut, isinya tentang banyak dari lulusan terbaik baik dr sisi akademis maupun organisasi yang egois atas ambisi pribadi daripada membangun negeri ini. Mereka rela berkompetisi u menjadi karyawan beberapa perusahaan multi national bahkan international dan ia berjanji akan mendedikasikan seluruh potensinya u perusahaan dibandingkan ia gunakan potensinya untuk membuat sebuah peluang yg lbh menguntungkan untuk bangsanya

Hmm, berat amat yah topiknya, membangun negeri.

Tulisan lainnya

“Melihat teman2 saya yg berangkat subuh, pulang malam hanya untuk menjadi pelayan perusahaan asing, Apakah mereka termasuk berbuat lebih untuk indonesia? Semoga waktu liburan mereka dipakai untuk berbuat lebih kepada indonesia.”

Kesannya kok yang kerja di perusahaan asing itu pengkhianat bangsa yang kerja sama kompeni-kompeni yang menindas pribumi. Salahkah jika kita memilih untuk bekerja di perusahaan asing ? Apakah mereka yang bekerja di perusahaan asing tidak cinta dengan negaranya ? Tidak memberikan sumbangsih pada negaranya ? Tidak membangun bangsa ?

Hmm, berat nih topiknya. Jikalau saya boleh memberian opini, kebetulan saya masuk ke dalam objek yang diperbincangkan di tulisan tersebut. Disini saya tidak mau membahas lebih nasionalis mana antara yang kerja di perusahaan asing dengan yang katanya udah jadi pengusaha yang bisa memberikan lapangan pekerjaan, dan itu sudah bisa meningkatkan ekonomi bangsa.

Hai Bung, membangun bangsa luas keleuuss (lebay mode: on), membangun bangsa yang mana ?. Bagaimana mau membangun bangsa ? Jikalau perut sendiri dan keluarga masih susah. Boro-boro kan

The Simple thing deh, kita diajarkan untuk menjadi manusia bermanfaat bagi orang di sekitar kita. “Membangunlah mulai dari yang paling kecil” yang paling kecil yang mandiri-kan diri kita sendiri dulu, ngga lagi minta bulanan ke orang tua, bayar semua kebutuhan sendiri.

Lanjut lagi, setiap orang mempunyai cerita dan jalan masing-masing. Siapa sih yang nggak mau bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi orang banyak ?. Semua mau lah, yakin banyak orang yang tujuannya  kesana. Mungkin dengan bekerja di suatu perusahaan asing, keluarga tersebut jadi terbantu, bisa membantu perekonomian keluarga, tentu jika kondisi ekonomi yang sudah mantab, ini memungkinkan bisa lebih lagi ketika membantu sesama,infaq, sedekah atau lainnya. Ilmu dan transfer teknologi bisa di dapat, Apa itu sama sekali tidak membangun bangsa.

Udah ah, jadi nambah emosi ni nulisnya hahaha. Intinya yang katanya udah jadi pengusaha jangan sombong ya, tidak boleh ngerendahin karyawan. Kalau pengusaha sudah sekelas Chairul Tanjung sih nggak masalah. Mau jadi pengusaha, kerja di perusahaan lokal atau perusahaan asing, sudahlah, mereka termasuk saya mempunyai cerita masing masing dalam membangun negeri ini. Mudah-mudahan apapun jalan kita, itu semua mampu memberikan kebaikan bagi sesama.

Advertisements

About Ferry

Berusaha untuk menjadi orang yang makin bermanfaat bagi orang lain

Posted on March 16, 2014, in lif3 and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. yang jadi karyawan, bisa jadi pas malam ngajar ngaji atau pas akhir pekan sibuk ngurus baksos. semua punya kapasitas masing-masing untuk berkontribusi fer 🙂 . dari sini kita belajar, never judge people that easy, we’ve never been standing at his/her shoes!

  2. Yup, everyone has their own way 😀
    btw thanks udah mampir kesini :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: