Nonton Konser Paduan Suara

IMG-20131125-WA0000Malam minggu kali ini agak berbeda, yang biasanya hanya nonton TV sendiri di kosan atau numpang baca buku di Gramedia Grand Indo :p #curcol. Kali ini saya ditemani seorang teman dateng untuk nonton Annual Concert Paduan Suara Mahasiswa Unpad Bandung. Awalnya nggak sengaja untuk nonton konser ini, waktu itu pas Car free day ada sekelompok anak-anak Unpad yang bagi-bagi brosur. Pas dilihat detail, ternyata mereka mau buat Annual Concert di Jakarta. Nah, yang bikin menarik ternyata Conductornya sama kaya PSM Agriaswara IPB, Ervin Zeinullah. Wah, makin tertarik nih, mau liat juga kualitas PSM kampus lain selain dari kampus sendiri Agriaswara. Bagi mahasiswa IPB kualitas Agriaswara udah gak di ragukan lagi, prestasinya di Eropa udah bejibun.

Konser yang diadakan di Usmar Ismail Concert Hall Kuningan ini mengambil tema Aroha Azura, Shape of the happiness. Saya bareng teman sudah tiba di lokasi 30 menit sebelum gate dibuka. Pasca lulus dari kampus, nonton konser PSM kali ini merupakan yang kedua kalinya, terakhir 2 tahun lalu ketika menyaksikan Konser Agriaswara di Jakarta. Di konser ini mereka membawakan lebih dari 15 lagu, meski di dominasi lagu-lagu klasik yang nggak ngerti artinya hehe, tetapi bagi saya itu terbayar dengan bisa mendengar harmonisasi suara yang enak dan merdu. Selain disuguhi dengan suara yang indah nan harmonis, kita juga dipukau dengan gerakan-gerakan choristers yang kompak yang “berseliweran” membentuk formasi yang apik.

Unpad Choir

Kalau mau ditela’ah lebih lanjut, banyak hal positif dari suatu pertunjukan paduan suara. Setiap choristers mempunyai peran masing-masing. Tak ada peran yang nggak penting dalam suatu pertunjukan paduan suara. Meski ada chorister yang “hanya” dapat jatah sesekali, tetapi mereka tidak berkecil hati. Coba bayangkan jika ada satu suara yang egois nyaring sendiri tentu bisa mengacaukan suatu performance kan. Dalam suatu pertunjukan, choristers dikomandani oleh satu orang yang dinamakan Conductor. Dialah yang mempunyai keahlian dalam meng- combined setiap jenis suara choristers hingga membentuk sebuah lagu yang mempunyai harmonisasi yang indah didengar.

Kostum yang simple tapi elegan juga menjadi nilai tambah dari konser kali ini. Hmm, pokoknya keren dah, selalu suka namanya paduan suara. Meski dulu di kampus gak gabung di PSM, tapi saya juga pernah tergabung di “paduan suara” lain a.k.a tim nasyid yang mempunyai konsep yang sama, tim nasyid Mutiara Islam *nggakpenting-abaikan :p*. Konsepnya secara umum samalah, kumpulan orang yang yang bernyanyi dengan berbagai jenis suara yang endingnya bisa menghasilkan suara yang harmonis, tentu tim nasyid biasanya hanya diisi oleh 5-6 orang. Plusnya tim nasyid ini adalah tentu dari apa yang di “nyanyikan” yaitu lagu yang bernafaskan islami, hehe.

Advertisements

About Ferry

Berusaha untuk menjadi orang yang makin bermanfaat bagi orang lain

Posted on November 26, 2013, in lif3 and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: