Mengenal Ilmu Komputer IPB

IPBMungkin agak telat ngeposting tentang seputar Ilmu Komputer, secara saya juga sudah lulusan 3 tahun yang lalu. Saya tergerak kembali untuk bikin postingan tentang Ilmu komputer setelah (lagi) banyak yang masih belum tahu atau tentang Ilmu Komputer ada di IPB. Mereka mengira IPB yaitu Institut Pertanian Bogor Cuma ngajarin tentang pertanian aja, emang sih kebanyakan yang nggak tahu itu kebanyakan seusia Ibu dan Bapak kita. Akan tetapi untuk anak2 mudanya at least di lingkungan saya sudah tau kalau IPB ini ada Ilmu Komputer yang menjadi satu dari beberapa kampus yang terakreditasi A.

Dulu sempat mendengar percakapan seseorang kalau dia berminat masuk Ilmu Komputer karena ingin belajar Design Grafis. Hadeuhh, dalam hati kayaknya jauh lebih cocok untuk ambil Art and Design aja, kebetulan saudara ambil jurusan itu di salah satu kampus swasta di Jakarta. Skillnya designnya mantabh, dari yang 3D sampe yang standar, dari design pake pamflet, billboard sampe design iklan produk di TV. Cuma Menurut saya di situ jauhhhh lebih cocok daripada masuk ke Ilmu Komputer hehe.

Sebenarnya dasar dari Ilmu Komputer itu adalah Matematika. Karena ilmu komputer sebenarnya lahir dari departemen tersebut. Mata kuliah di awal-awal semester juga banyak yang berkutat tentang itu seperti Kalkulus lanjut, Aljabar Linear (mata kuliah abstrak nih hehehe), Metode Numerik (ini juga mata kuliah Dewa), sampe ke sahabatnya Matematika yaitu Statistika. So, bagi yang anti banget sama hitung menghitung dengan matematika dan kawan kawannya, harus kembali dipikir ulang untuk bisa masuk Ilmu Komputer.

Di Departemen Ilmu Komputer, kita bukannya bakal di ajarin pake Office, Excel, atau belajar cara memakai software, justru sebaliknya kita sebagai mahasiswa Ilkom dituntut bisa membuat software sehingga berguna untuk orang lain. Nah, cara membuat software itu dapat dilakukan dengan berbagai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman banyak macemnya, ada C, Java, .NET, C#, PHP , dll serta ada juga framework yang menyertainya CodeIgniter, Smarty, dll.

Buat software itu hal yang paling dasar di Ilkom, Tak hanya pemrograman, di ilkom IPB ada 3 konsentrasi yang nanti bisa dipilih di tingkat akhir. Software Engineering, Networking, dan Artificial Inteligent. Mungkin namanya sekarang agak berubah, tapi basicnya saya rasa sama. Penjelasan masing-masing bidang bisa di googling sendiri yak, hehe.

Kebetulan dulu saya ambil Artificial Inteligent, topik skripsinya memakai metode Genetic Algorithm mengapa ? Dulu gak begitu ngerti banget sama topik ini, awalnya karena dosennya yang bageurrr pisannn. hehehe. Tapi pas udah ngertinya ini topik tentang AI itu keren parah, ini tentang kita ngajarin komputer supaya berfikir seperti manusia, banyak metode dewa yang bisa dipakai, yah pokoknya yang suka research ini pas banget deh.

Tugas yang tak ada habisnya juga membuat anak-anak ilkom menurut saya lebih bisa kerja keras lho, jadi pas di suasana kerja nggak kaget juga hehehe. Begadang ngerjain tugas, bikin projek, belajar untuk ujian, rasanya itu menyenangkan dan ngangenin. Banyak anak ilkom IPB yang sudah dapat kerja sampingan karena skillnya, misal ada projek dosen, kemudian mahasiswanya di ajak join, ada projek dari company luar, yang paling sering mungkin untuk buat website, entah dari personal web, company profile hingga e-commerce. Nah, hati-hati saja bagi waktunya.

So makin tertarik masuk Ilkom IPB ? bersiaplah karena untuk masuk departemen ini kamu harus bersaing dengan ribuan pendaftar lainnya di seluruh Indonesia. Gud luck !

Advertisements

About Ferry

Berusaha untuk menjadi orang yang makin bermanfaat bagi orang lain

Posted on September 22, 2013, in lif3 and tagged , , , . Bookmark the permalink. 12 Comments.

  1. Arsil A. Bachtiar

    terimakasih atas infonya.
    setelah melihat posting inin saya jadi punya persiapan untuk masuk IPB jurusan komputer/ilkom.sekalilagi terima kasih.

  2. Tahun ini saya ikut ujian masuk ptn dan menempatkan ilkom ipb dalam pilihan saya. Mudah-mudahan bisa lolos. ^_^

  3. Hi Ren, semoga sukses ya πŸ™‚

  4. Terimakasih atas infonya.., wawasan saya jadi sedikit terbuka mengenai ilkom di ipb, tahun depan mudah mudahan bisa masuk ilkom ipb

  5. kak boleh minta emailnya? mau nanya2 ttg ilkom ipb nya
    makasi sblmnya kak

  6. doakan ya kak, saya mau masuk ipb fmipa ilkom sebagai maba ipb 53, minat ke AI kak seperti kakak, doakan semoga bisa tembus di ilkom ya kak, aamiin

  7. Sukses ya πŸ˜€

  8. Pastinya math dan logika πŸ˜€

  9. bedanya sama teknik informatika apa?

  10. Saya sudah diterima di ilmu komputer nih ka, tapi saya masih agak bingung perbedaan sama teknik informatika di its dan itb. Terus pas saya baca kurikulum ilkom ipb ko kayanya lebih susah yaπŸ˜‚ Aslinya saya pengennya teknik informatika heuheu takut merasa salahjurusan 😭

  11. Congrats yaa dah diterima Ilkom IPB. Secara umum teknik inf sm ilkom ga jauh beda kok. Malah ilmu nya lbh byk di comp science. Ga masalah itu, tgl byk latihan dan belajar aja. Belajar kelompok sm diskusi dg dosen or kakak kelas sngt ngebantu proses kamu belajar di ilkom. Semangat ya, masa depan cerah deh asal mau ikhtiar. Semangat !!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: