Do what you love or Love what you do !

Dalam melakukan segala hal tentu terasa lebih menyenangkan kalau aktivitas atau pekerjaan tersebut merupakan hal yang kita sukai atau kita cintai, pasti enjoy ngejalaninnya, tapi kadang kita tidak selalu berhadapan pekerjaan yang kita senangi. Nah, kalo sudah begini gimana?. Btw, sudah cintakah kita terhadap pekerjaan kita sekarang ? hayooo, mungkin sudah ada yang enjoy, atau mungkin sedang mencoba untuk enjoy dengan pekerjaan sekarang. Ok, setelah kita tahu jawabannya, cobalah evaluasi diri, benarkah pekerjaan ini yang kita cintai, aktivitas inikah yang kita sukai. Terkadang kita sendiripun bingung, aktivitas atau pekerjaan apa yah, yang kita sukai, betul gak?. Fakta di lapangan, tentu kita kadang atau bahkan sering menghadapi kondisi dimana kita harus mengerjakan pekerjaan yang tidak kita sukai. Terus gimana dong?.

Saya kutip dari salah satu buku Best Seller karya Billy Boen yang berjudul Young On Top. Salah satu buku yang paling sering saya baca dari buku-buku yang pernah saya beli, karena setiap membaca buku itu, semangat dan motivasi diri ini dijamin bangkit lagi. Yeah, terdapat salah satu bab disana yaitu Do What You Love, Love What You Do. Keren ya istilahnya, makanya saya jadikan judul disini. Salah satu bab penting menurut saya, apalagi kalau kita sedang “terjebak” di pekerjaan yang mungkin kurang atau tidak kita senangi. Guys, sangat tidak enak rasanya kita melakukan pekerjaan yang tidak kita sukai, bener lhooo hee. Suatu pekerjaan yang tidak kita sukai tak semata karena jobdesc nya, bisa juga karena lingkungan, relationship atasan dengan bawahan, atau lainnya yang semuanya menyebabkan kita jadi nggak suka dengan pekerjaan kita.

Solusinya gimana? Dalam buku tersebut mengatakan, mereka adalah orang yang “hebat” karena mampu bekerja dengan pekerjaan yang tidak mereka sukai, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Tetapi bagaimana mereka yang tidak suka dengan pekerjaanya dan sudah nggak kuat lagi, tapi mereka tidak bisa keluar dari pekerjaan begitu saja, karena punya tanggungan misalnya, sehingga pekerjaan hanyalah semata menunggu tanggal gajian. Buku tersebut menjelaskan kepada kita bahwa apabila kita tidak dapat melakukan pekerjaan yang kita sukai (Do What You Love), maka cobalah sukai pekerjaan kita sekarang (Love What You Do).

Meskipun tentu ini tidak mudah dilakukan. Jangan lupa, mayoritas orang sukses, adalah mereka yang bekerja dengan pekerjaan yang mereka cintai. Secara logikapun jelas, tentu hasil kerja kita dengan pekerjaan yang kita sukai akan jauh optimal daripada hasil kerja dengan pekerjaan yang tidak kita sukai. So, anda mau ambil jalan yang mana, Do What You Love or Love What You Do ???

Advertisements

About Ferry

Berusaha untuk menjadi orang yang makin bermanfaat bagi orang lain

Posted on April 7, 2010, in lif3 and tagged , , . Bookmark the permalink. 12 Comments.

  1. do what you love=> gak semua orang bisa melakukannya, karena gak semua orang berada di kehidupan yang ideal(bahkan ideal menurut orang yang bersangkutan). maka beruntunglah orang2 yang termasuk kedalam orang yang do what you love.
    love what you do=> ini merupakan salahsatu pilihan(dan yang baik) yang ada bagi orang2 yang tidak termasuk dalam kelompok pertama diatas. pilihan ini menjadi pertanda bahwa orang yang memilihnya termasuk kedalam orang yang bersyukur. akan tetapi pilihan ini mengharuskan pemilihnya memiliki “additional quotient(bner gak tuh tulisannya?)”. karena jika tidak, kesuksesan yang diraih merupakan suatu kesuksesan yang fana, ibarat gunung raung, kita hanya sampai pada puncak semu, bukan puncak sejati dari gunung raung. beberapa additional quotient yang harus dimiliki dan dipertahankan adalah keinginan untuk maju 99%, pikiran licik, iri, serta sesuatu yang lain hingga 100% dengan catatan, semua hal yang termasuk dalam yang 1 % itu dikawal dengan ketat oleh Hati. selain itu, dalam beberapa catatan yang menyebutkan tentang kesuksesan dalam hidup(atau mungkin dalam berbisnis, keknya bisnis deh) dapat ditemukan bentuk lain dari pilihan yang kedua ini. jika pilihan ini menyebutkan bahwa love what you do, maka dalam buku lain disebutkan bahwa (kurang lebih maknanya sama) “orang sukses melihat apa yang dia punya”. nah, mirip kan sebenarnya? apa yang kita punyai sekarang adalah apa yang kita lakukan…. jadi dalam arti lain bisa kita gabungkan menjadi “orang sukses melihat apa yang dia punyai, lalu menyukainya….”

    regards,
    aboy

  2. betul aboy, makanya beruntung bagi mereka yang bisa masuk golongan Do what you love, hee

    tapi gak mudah lho boy, untuk menyukai hal yang mungkin tidak kita suka, memang butuh perjuangan, makanya saya salut bagi mereka yang bisa menyukai pekerjaan yang sebenernya tidak mereka senangi,….

    tapi ya… bersyukur dengan apa yang ada… 😀

  3. eh? kok ujuk2 gt fer? maksudnya apa nih? ane mang ngemeng apa ke nt? wogh, tulisannya dalem pisan euy…. kapan yah ane bisa nulis tulisan dalem kek gt sampe orang2 yang baca tenggelem didalemnya?

  4. Heee…

    ayo semangat menulis, 😀

  5. woot!
    dalem euy! wkwkwk…di sini ni keikhlasan diuji. niat ngelakuin sesuatu itu buat apa n siapa!? *nah itu yg utama brothers… 🙂 * kalo niatnya udah bener, do “what you love” or “love what you do” are seems equal to do. that’s what i thought … cmiiw ^^v

  6. ikut kasih komeng ah,..

    point 1 : fer, lo salah kasih judul postingan lo kayaknya aneh deh, g sama ma isinya..

    gw setuju ma saad., klo gw siy tergantung niat..

    btw, ini curahan hati atas nasib lo yg dulu atau yg sekarang juga fer???

    hhihihiiii

  7. @kurni, sampun diedit mas..:D

    “btw, ini curahan hati atas nasib lo yg dulu atau yg sekarang juga fer???”

    hmmm, ini hanya sekedar tulisan yang bisa kita buat renungan, hee

  8. do you love praisindoooo?? hahahah

  9. why do u love me ? so sweet and tanderly….~

  10. @ Rafdi, hmmmmmmmm 🙂

  11. ferry,do you love rafdi?… why do you love him?
    who do maw sholat…..

  12. Lah saya tahunya “kerjakan apa yang kamu cintai, dan cintai apa yang kamu kerjakan”. Dua-duanya. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: