IBM Cognos 8 BI Author Certification Exam

Alhamdulillah yaa Rabb, saya bisa lulus ujian sertifikasi IBM Cognos 8 BI : Author. Perlu diketahui saya belum pernah mengenal BI (Bussiness Intelligent) secara mendalam sebelumnya, buka software Cognos 8 pun saya belum pernah. Ini semua diawali ketika pimpinan saya menyuruh untuk ujian sertifikasi cognos. Awalnya mungkin sampe sekarang sayapun masih bingung dan kaget, Hah, ujian sertifikasi Cognos? Itulah pertanyaan yang ada dalam pikiran dan hati saya ketika ditugasi untuk mengikuti ujian ini. Jelas saya ketakutan dan kebingungan, saya benar-benar zero knowledge tentang cognos.

Tanya alumni ilkom ipb-pun telah kulakukan, dan mereka kebanyakan bilang, Wah, gak mungkin tuh masa β€œCuma” dari user guide doang udah disuruh sertifikasi?. Pernyataan seperti itu malah membuat saya takut dan panik mengingat biaya untuk ujian ini sekitar 100 US Dollar + 10 US Dollar untuk agen penyelenggaranya dibayar oleh company, Gimana ya kalau nggak lulus? Tanyaku dalam hati. Apa mau dikata, show must go on, jadi hanya bermodalkan User Guide Cognos dan bahan-bahan dari internet saya mulai untuk belajar Cognos 8 BI Author.
Sepuluh hari saya membaca dan memahami tentang Cognos. Intenet, baca, rangkum, baca, hafal, itu yang kulakukan di kantor selama 10 hari untuk mempersiapkan ujian. Rabu, tanggal 11 November 2009, menjadi hari yang penting bagiku dan mungkin bagi kelanjutan karirku disini, ada 2 konsekuensi yang harus kutanggung, (1) Jika lulus, tentu menjadi prestasi tersendiri bagiku karena saya mempunyai sertifikasi IT (IBM Cognos 8 BI) (2) Jika fail, tentu menjadi hal yang mengurangi prestasiku pada saat masa percobaan saat ini. Berdoa, menjadi andalan di saat saat seperti ini, semuanya ku kembalikan pada Mu yaa rabb.
Akhirnya ku ikuti ujian sertifikasi itu di daerah setia budi kuningan, 90 menit kukerjakan dan ternyata hasilnya langsung dapat diketahui. Setelah 90 menit selesai, alhamdulillah saya luluuuuuusssssss.
Seneng banget, yang lebih menyenangkan lagi saya dapat score 96% dari persyaratan lulus yang 74%. Rasa syukur tak henti selalu kupanjatkan hanya kepadaMu yaaa Raab, yang telah memberikan kemudahan bagi diri ini untuk terus melangkah, demi mencari RidhaMu.

About Ferry

Berusaha untuk menjadi orang yang makin bermanfaat bagi orang lain

Posted on December 3, 2009, in lif3 and tagged , , , . Bookmark the permalink. 16 Comments.

  1. selamat Fer !! mantaf !!
    itu detailnya buat apaan emangnya fer ? soalnya kayak gimana tuh, ceritain jg dunkz

  2. hehe, thanks er, btw gmn skripsi ???

    detailnya dan soalnya kaya gimana nanti ferry bahas deh di next post.
    hehehe

  3. still work in progress …
    ok d

  4. wuidiih, selamat fer. meskipun gak ngerti apaan tuh IBM Cognos!?! ikut gembira aje…^^

  5. selamat fer..
    wah keren sekali… ^^

  6. bro, selamat ya…

    bisa tolong ceritakan by email ttg ibm cognos ? termasuk proses sertifikasinya. TQ

  7. Bro Ferry,

    Mhn di sharing bahan referensi ttg ujian sertifikasi ibm cognos ya? butuh banget!Thks

  8. @mohamad chandra, kalo informasi tentang ibm cognos mah, googling aja bro, melimpah hee…
    nanti deh, saya buat artikel sendiri mengenai Cognos ini πŸ™‚

    kalo mau ikutan sertifikasinya, caranya gampang bgt, tentu kamu harus tau dulu mau ujian cognos tipe apa, coz banyak bgt ada metadata, administrator, reporting, sales, dll, for further please check situsnya IBM, disana ada info tentang semua tipe sertifikasi cognos, (kalo saya di bagian reporting – author), biaya, topik2 ujian, dll.

    kalo udah nentuin tipe sertifikasinya, belajar yg rajin :D. Idealnya adalah orang yang ambil sertifikasi, mereka yang memang sudah biasa menggunakan IBM Cognos, coz soalnya tuh teknis sekali. kalo yang udah ambil sertifikasi Office yg free itu, yah soalny atipe2 teknik gitu deh. Kalo merasa siap baru deh contact ke agen penyelenggara ujian prometric, kalo saya ambil di PT.Executrain Indonesia (daerah setiabudi kuningan)- by phone aja. nanti mereka ngasih info lebih detail mengenai biaya trus kita juga buat schedule ujian dg mereka,

    Kalo dah deal baik schedule maupun biaya tinggal dateng trus ujian disana, ujiannya pake computer based kok, bukan paper based. Nanti kita masuk ke dalam ruangan kecil yang mereka sediakan, soalnya multiple choice, lalu kerjain deh, do the best aja, awas lho jangan nyontek, coz kita nggak di tungguin tapi ruangannya ada kameranya. heee

    setelah selesai, saat itu juga langsung ketahuan kita lulus or failed hiii.

  9. Lulus Dul,,….?????

    Selamaaaaat yaaaa

    hehehehehee

  10. ini yang bareng marco itu lho mas,… hee
    hmmmm, kok tau blog saya yah???

    btw gmn kabar optus? hee

  11. Keren mas, mohon info saya juga hendak melakukan sertifikasi,…
    mohon arahan,.

  12. Hi, ada kisi2 ujian Cognos ga? yang buat administrator.. hehe

    Thanks,
    Caterin

  13. Hi juga,
    googling deh… banyak.
    user manual, sama kisi2nya juga,
    jgn lupa exploere site nya IBM, disana ada materi2 ujiannya

    good luck

  14. wah selamat pak,
    walapun yang lulus sertifikasi itu agan, tapi seperti temen2 lain, saya juga ikut bergembira…
    mau donk materi-materi bacaannya waktu mempersiapkan sertifikasi…
    agar kegembiaraannya bisa tertular ke banyak orang lagi.. πŸ™‚

    dishare di blognya agan aja biar bisa banyak yang mendapatkan manfaatnya….

    terima kasih

  15. wew.. keren..dr awal thun ini bru mulai mengenal Cognos 8(khususny Analysis Studio n Report Studio) sdh hampir 3 blan ini ngerjain proyek utk develop report pke Report Studiony Cognos 8.. Rncana mw ambil sertifikasiny minggu depan..
    info yg bagus niy.. n jd + semangat bwt ambil sertifikasi..

    Thanks bro atas info2 diatas πŸ˜‰

Leave a Reply

