Dibalik Aksi Mahasiswa ?

Beberapa minggu ini, kita sering mendengar berita tentang maraknya demo atau Aksi mahasiswa di berbagai daerah unruk menolak kenaikan bahan bakar minyak (BBM). Tak hanya di Jakarta, maraknya aksi demo ini juga hampir merata di berbagai kota besar di Indonesia untuk menolak kenaikan harga BBM. Kebetulan ferry kuliah di IPB Bogor, yang otomatis banyak dari mahsiswa IPB yang ikutan Demo (atau saat ini lebih keren dibilang Aksi) di Jakarta yang diikuti oleh seluruh perwakilan BEM se-Jabodetabek (kalau nggak salah).
Pamflet yang mengkampanyekan atas Aksi inipun sudah banyak terlihat di kampus untuk mengajak mahasiswa IPB untuk ikut serta dalam Aksi di Jakarta yang katanya sih mau mengepung Istana. Gencarnya publikasinya sampai seluruh kampus ini menandakan memang Aksi yang akan diadakan ini memang terencana dan sepertinya tersusun rapi. Hal ini terlihat dari tanggal pelaksanaan yaitu tanggal 12 Mei 2008, banyak bis mini dan 1 bis besar yang siap menjemput para aktivis kampus yang katanya peduli dengan rakyat ini. Hal ini ferry ketahui ketika berangkat praktikum tepatnya pas melintasi Faperta. Ada beberapa mahasiswa yang membawa TOA menyerukan agar mahsiswa lain ikut serta dalam Aksi ini, tapi kayaknay responnya tidak begitu besar karena memang kebanyakn mahasiswa pagi itudatang ke kampus ya mau kuliah, tiba2 ada TOA yang mengajak mahasiswa IPB untuk ikutan kuga. ya segala sesuatunya kan karena niat, karena niat saya dan mungkin mhs lain datang ke kampus mau kuliah ya pasti nggak bakalan tiba2 mau langsung ikutan demo, di jakarta lagi. nggak ada persiapan
Itu mungkin sekilas situasi IPB menjelang Aksi di Jakarta. Di sore harinya saya melihat berita di MetroTV yang menyiarkan tentang Aksi mahasiswa di jakarta. Suasana yang diberitakan katanya sih aman dan damai. salah satu tuntutan mereka disana adalah TUGU RAKYAT alias Tujuh gugatan rakyat, jago ya para mahasiswa buat singkatan2 yang pas. Kalau melihat poin2nya (agak lupa isinya apa aja) intinya ada nasionalisasi aset strategis negara, trus keamanan pangan, dll kayaknya tidak akan ada yang amu menandatangani isi TUGU RAKYAT karena memang isinya kalo menurut pandangan ferry, ya cukup sembrono gitu. memang kalo sekilas semua orang pinginnya negara ini mau melakuakn itu, tapi sebagai negara yang kompleks tentunya nggak mungkin mau melakukan hal2 yang sangat strategis seperti yang tercantum dalam TUGU RAKYAT tadi dikabulkan semua.
Pemerintahpun sebenarnya sudah berupaya untuk melakukan hal2 yang ada dalam TUGU RAKYAT (meskipun nggak semua), akan tetapi hasilnya nggak seperti membalikkan tangan Bung !. setiap keputusan yang diambil pemerintah ngak ungkin muncul satu hari atau dengan terburu2, pastinya banyak orang ahli, baik profesor2 dan ahli2 lainnya yang juga mikirin dampak terhadap dikeluarkannya suatu keputusan. meman terkadang ada beberapa kebijakan pemerintah yang hanya bersifat populis semata bukan pada goal sebenarnya.
Tidak ikutan demo atau Aksi bukan berarti loh kita ini tidak peduli dengan keadaan sekitar dan bangsi ini. Bukankan banyak jalan menuju Roma, begitupula banyak cara bagi mahasiswa untuk mengekspresikan kepeduliannya selain Demo yang mungkin memang lebih tepat. Intinya sebagai mahasiswa, banyak hal kok yang bisa kita lakukan selain Aksi yang mungkin siapa tahu lebih banyak merugikan bagi orang lain, kemacetan dan mengganggu ketertiban dan kenyamanan. [^_^]

Advertisements

About Ferry

Berusaha untuk menjadi orang yang makin bermanfaat bagi orang lain

Posted on May 15, 2008, in lif3. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. “Bukankan banyak jalan menuju Roma, begitupula banyak cara bagi mahasiswa untuk mengekspresikan kepeduliannya selain Demo yang mungkin memang lebih tepat.”
    Tunjukkan kepada dunia dan kepada ibu bapak mu! cara yang manakah yang sudah ENGKAU lakukan? Beritahu dunia dan ibu bapakmu! Cara apa yang lebih baik!? Apa alasan ENGKAU menganggap cara itu lebih baik!?

  2. Begitu juga bayak alasan untuk memikirkan lingkungan sekitar!!!!!!!

    ;p

    Kulo nuwon Fer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: