Nonton Ayat-Ayat Cinta The Movie (Part III) Detik demi detik yang tak terlewatkan

AAC.jpgDengan penuh seksama, detik demi detik seakan nggak mau dilewatkan untuk nonton tiap–tiap adegan dari ni film. Bahkan makanan dan minuman yang tadi dah dibeli jadi sama sekali nggak tersentuh karena saking seriusnya nggak mau kelewatan dari setiap dialog, adegan dari AAC. Singkat cerita, selesai sudah ferry nonton nie film. bagus, keren dan berkesan. Disini ferry mau mau buat ulasan sekilas atau lebih pas kesan yang ferry dapet setelah nonton AAC.

· Banyak banget hikmah dan pesan moral yang terkandung dalam film ini, yah sesuai dengan novelnya yang memang luar biasa bagus. Misalnya seingat ferry fahri bilang tentang islam tidak mengenal istilah pacaran, tapi taaruf, trus ttg kalo di islam seorang pria tidak boleh bersentuhan langsung dengan wanita kecuali dengan muhrimnya, ini pas adegan fahri ketemu sama Alicia seorang wartawan Amerika itu. dan ngajarin kita mungkin banyak umat muslim untuk bertayamum, inget kan pas Maria minta diajarin sholat sebelum kematiannya di rumah sakit itu. Dan masih banyak lagi yang lebih lengkapnya nonton deh.

· packaging yang bagus dari hanung sang sutradara membuta semakin menarik film ini untuk ditonton, baik dari setiap adegannya santun dengan penuh pesan tapi tidak seperti menggurui, soundtrack film dan tata kamera yang pas banget. Jadi nggak heran pas nonton bioskop kemarin banyak yang nonton dari berbagai kalangan usia.

· Isu poligami juga diangkat dalam film ini yang memang saat ini juga masih hangat untuk diperbincangkan, yah jadi tambah nilai plus buat film ini yang mengangkat isu ini menjadi kemasan yang apik dalam menimbang suatu persoalan. Mungkin kalo lebih pasnya ini semua jadi booming setelah AA Gym menikah lagi. Tapi anehnya sampai sekarang masih saja orang yang memandang negatif akan adanya hal ini padahal Al Qur’an jelas-jelas membolehkannya meskipun dengan syarat2 tertentu.

· mau tahu bagian atau dialog yang ferry suka dalam fil AAC

1. (dialog pada saat Fahri dan Maria berdiri di jembatan sungai Nil, Mesir)

Fahri : “Sebelum aku kesini ada dua hal yang bikin aku kagum sama mesir. Al Azhar sama sungai nilnya…

Maria : “Aku juga kagum sama sungai nil, menurut aku, kalau nggak ada sungai nil nggak ada peradaban, yang ada hanya gurun pasir…

Maria : “kau percaya jodoh fahri?”

Fahri : “ya, setiap orang memiliki”(lalu dipotong oleh jawaban Maria)

jodohnya masing-masing” Sambung Maria

 

2. Pada saat Fahri membaca surat cinta dari Noura

Wahai orang yang lembut hatinya

Sudah lama ku mengecap pahit,

kelam akan penderitaan.

aku tak ada siapapun kecuali Allah dihatiku,

tapi kau datang dengan cahaya,

aku ingin menjadi yang halal bagimu yang kau kecup keningnya

kau hapus airmatanya,

dari orang yang selalu merindukan cahayamu

Noura

Wah, ferry hafal kan !!!. Keren parah, nggak tau ya pokoknya suka aja dengan bagian yang ini meskipun ada beberapa adegan lainnya yang ferry suka. tiap dialog bisa menjadi sesuatu yang menarik untuk disimpan dalam ingatan ini. Wah, kalau dijelasin mungkin harus jadi e-book nih he he he…

Pokonya TOP BGT deh buat AAC meskipun kalau dilihat lebih dalam tidak dipungkiri ada beberapa bagian yang kurang pas. Tapi meski bangaimanapun Film itu berbeda dengan novel, dimana novel itu adalah sastra yang luar biasa kaya akan kata2 yang bisa mencerminkan banyak hal dalam berimajinasi. kalo film hanyalah sastra atau seni dalam bentuk visual yang mempunyai keterbatasan tidak seperti di novel, tidak mungkin word by word yang ada dalam novel diterjemahkan di film. Ingat Bung, ini film Indonesia pertama yang mengangkat tema tentang islam dan cinta. yang tentunya maknanya cinta disini tidak hanya sebatas dunia akan tetapi cinta akan mahluknya hanya karena Allah SWT ta’ala.

Semoga kita bisa lebih berfikir bijak dalam menanggapi fenomena yang terjadi dalam masyarakat dan kita juga bisa menjadi semakin pandai dalam menilai sesuatu yang tentunya dipandang jangan hanya dalam satu sisi, lihatlah suatu permasalahan/kejadian dalam sudut pandang yang berbeda. maaf kalau dalam penjelasan terkesan berlebihan tapi ya inilah sebuah ekspresi dari seorang manusia biasa yang kagum dengan hasil karya anak bangsa. Dan semoga akan muncul film-film baru yang lebih baik dan bisa menjadi inspirasi bagi para penontonnya dan juga tak salah jika dikatakan saat ini Film bisa dijadikan sebagia media alternatif dakwah islam kedepan. Wallahua’alam.

 

Advertisements

About Ferry

Berusaha untuk menjadi orang yang makin bermanfaat bagi orang lain

Posted on March 24, 2008, in lif3. Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. ciye ferry, dah pengen nikah ya?
    ciye ciye ciye…

  2. ferry nikah ma sapa?
    kenalin dong ?.. wkwkwk
    aseek2 jadi calon mapress…
    ajarin gw dong fer

  3. “Pokonya TOP BGT deh buat AAC meskipun kalau dilihat lebih dalam tidak dipungkiri ada beberapa bagian yang kurang pas
    Bukan kurang pas! tapi emang gak pas! nilai untuk film ini?? sama dengan film2 ustadz ngusir setan pake ayat Al Quran alias hanya menjadikan Islam sebagai bungkus saja. Isinya? money!

  4. film ter jelek sepanjang masa….. nggak banget….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: